MENGUATKAN BUDAYA PERUSAHAAN DENGAN CARA MENULIS KEMBALI CERITA HEROIK PERUSAHAAN

DJAJENDRA 20 NOV 2013

MENGUATKAN BUDAYA PERUSAHAAN DENGAN CARA MENULIS KEMBALI CERITA HEROIK PERUSAHAAN

“Cerita, kisah-kisah, mitos, dan legenda perusahaan adalah aset yang sangat penting untuk menguatkan budaya perusahaan. Bila mengabaikannya, maka hal itu sama saja seperti sedang menciptakan budaya perusahaan yang lemah.”~ Djajendra  

Salah satu bagian terpenting dalam penguatan budaya organisasi adalah cerita. Cerita heroik tentang perusahaan akan mendukung budaya perusahaan, budaya kerja, dan juga rasa percaya diri sumber daya manusia. Cerita mampu menghubungkan setiap orang dan menyatukan semuanya dalam sebuah pengalaman emosional kebersamaan.  

Budaya perusahaan yang kuat mampu menciptakan sikap dan perilaku kerja yang unggul dan penuh disiplin. Orang-orang akan merasakan kejelasan, ketegasan, kepastian, kebersamaan, dan senasib.

Untuk merekatkan semua orang ke dalam organisasi yang kuat dan kolaboratif, maka semua orang harus dibuat kagum dan bangga dengan perusahaan. Dalam hal ini, perusahaan harus menulis kembali kisah-kisah perjalanan heroiknya, sehingga semua kisah tersebut, walau sudah dimakan waktu, tetap abadi, dan menjadi mitos atau legenda yang dilestarikan.

Kisah heroik perusahaan haruslah menceritakan secara mendalam tentang mental sukses dari para pendiri, para pemimpin, dan para karyawan yang selalu ulet, gigih, disiplin, tegas, jelas, pantang menyerah, fokus, rendah hati, sederhana, inovatif, kreatif, sabar, tegar, santai, menikmati, jujur, konsisten, tulus, ikhlas dan berjuang untuk berhasil. Intinya, cerita tentang perusahaan harus dibuat untuk mempengaruhi orang-orang agar mereka menjadi semakin kuat dan semakin unggul untuk menempuh jalan menuju sukses.

Cerita yang kuat haruslah dibangun secara lisan dan informal, diceritakan secara terus-menerus, berulang-ulang kepada sumber daya manusia perusahaan, sehingga cerita tersebut membudaya dalam realitas kerja sehari-hari di lingkungan perusahaan. Dan juga, cerita heroik perusahaan haruslah diceritakan kepada semua pemangku kepentingan. Kemudian, cerita yang sudah diceritakan secara lisan tersebut, dijadikan cerita dalam bentuk tulisan, dan menjadikannya sebagai bagian terpenting dari budaya organisasi.

Cerita heroik perusahaan harus mampu membawa semua orang ke dalam pengalaman visual, sehingga sumber daya manusia perusahaan mampu merasakan pengalaman dan perjuangan para pendiri dan pemimpin dengan penuh empati. Jadi, energi empati yang mampu dieksplorasi oleh cerita dan kisah-kisah heroik perusahaan, akan mempercepat koneksi batin interpersonal di dalam perusahaan. Hal ini akan memudahkan perusahaan untuk mengarahkan dan mempertahankan fokus dan energi sukses sumber daya manusia ke arah visi perusahaan.

Cerita heroik perusahaan haruslah mengaliri dan mendominasi ke dalam semua dimensi organisasi. Cerita –cerita harus dibuat berkembang dan selalu direvisi agar sejarah perjalanan perusahaan terhubung  dan berkelanjutan di sepanjang jaman. Penghormatan dan penghargaan kepada para legenda (karyawan-karyawan yang berkinerja tinggi dengan perilaku kerja penuh integritas dan profesional), akan menjadikan budaya perusahaan semakin unggul dan kuat.

Setiap warna-warni kisah perjuangan di internal perusahaan, haruslah menjadi bagian dari cerita yang menguatkan setiap insan perusahaan di dalam kebersamaan visi. Tampilkan kisah semua orang sebagai pahlawan yang selalu berjuang untuk memajukan perusahaan, berikan penghargaan, dan jangan pernah melukai perjalanan karier siapapun.

Kisah dan cerita perusahaan haruslah memiliki berbagai episode sesuai waktu dan ruang. Skenario cerita harus dibuat dengan penuh integritas, sehingga semua pelaku mampu merasakan pengakuan dan penghormatan perusahaan kepada mereka. Jadi, semakin mampu cerita dan kisah di dalam perusahaan memberikan penghormatan dan penghargaan kepada sumber daya manusia, semakin kuatlah budaya organisasi untuk membangun kekuatan yang menarik loyalitas karyawan ke dalam dirinya.  

Cerita, kisah-kisah, mitos, dan legenda perusahaan adalah aset yang sangat penting untuk menguatkan budaya organisasi. Bila mengabaikannya, maka hal itu sama saja seperti sedang menciptakan budaya perusahaan yang lemah.  

Kuatkan budaya perusahaan dengan cerita dan kisah-kisah heroik. Berikan penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan perusahaan, jadikan jasa dan perjuangan mereka untuk memperkaya budaya perusahaan agar perusahaan tumbuh dengan kuat bersama sejarah perjalanannya yang luar biasa.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com