PERAN KEYNOTE SPEAKER DALAM PERTEMUAN PERUSAHAAN

DJAJENDRA PROFILE 2013

PERAN KEYNOTE SPEAKER DALAM PERTEMUAN PERUSAHAAN

“Seorang keynote speaker harus mencerahkan pikiran sadar dan mengalirkan energi optimisme ke dalam akal super sadar audience untuk menciptakan kinerja terbaik.” ~ Djajendra

Keynote speaker adalah seorang pembicara utama yang menyampaikan pesan secara garis besar, dalam durasi waktu minimal 45 menit dan maksimal 2 jam. Seorang keynote speaker tidak untuk membicarakan rincian dari ide-ide strategis secara mendalam, tetapi untuk menyampaikan kekuatan inti dari tujuan pertemuan dalam bahasa optimis dan positif.

Waktu seorang keynote speaker sangat singkat, jadi tidaklah realistis bila mengharapkan seorang keynote speaker mampu memperbaiki masalah lama perusahaan. Tetapi, bila pengetahuan positif dan energi positif dari seorang keynote speaker ditanggapi dengan pikiran yakin dan mampu oleh audience, maka pengetahuan dan energi yang singkat dari keynote speaker, akan menjadi inspirasi untuk memperbaiki dengan cepat semua masalah lama perusahaan.

Setiap pertemuan perusahaan pasti memiliki tujuan untuk mencapai sebuah target. Dalam hal ini, sebelum seorang keynote speaker menyampaikan materinya, sebaiknya perusahaan memberikan secara rinci apa-apa yang ingin dicapai dari pertemuan perusahaan tersebut kepada keynote speaker. Bila keynote speaker sudah menangkap maksud dan tujuan dari pertemuan perusahaan, maka dia dapat menciptakan materi yang kuat dengan ide-ide praktis, untuk menginspirasi audience agar semakin yakin dan percaya diri dengan target yang diberikan.

Setiap konten keynote speaker memiliki area yang fokus kepada berbagai aspek yang diperlukan untuk mencapai target tersebut. Di sini, setiap konten bertujuan untuk menjadikan setiap orang berpikir positif dan optimis dengan target mereka, dan menciptakan sugesti yang mematikan energi pikiran negatif dengan logika berpikir yang optimis.

Keynote speaker biasanya sudah memiliki storyboard presentasi sesuai dengan durasi waktu. Hal ini sama seperti sebuah film dengan durasi waktu tertentu. Jadi, bila seorang keynote speaker diberikan waktu satu jam, maka jangan pernah menguranginya secara mendadak pada saat mau presentasi. Sebab, materi yang disiapkan untuk dibicarakan selama satu jam bila secara mendadak waktunya dikurangi, maka penyampaian materi akan terasa tergesa-gesa, terburu-buru, dan pastinya audience akan bingung untuk memahami apa yang disampaikan oleh keynote speaker. Hal ini sama seperti film berdurasi dua jam yang ditayangkan dalam waktu satu jam, maka pasti penonton bingung dengan jalan ceritanya, dan terasa tidak nyambung. Oleh karena itu, jangan pernah mengurangi durasi yang telah disepakati dengan pembicara profesional. Karena, setiap pembicara profesional tidak asal tampil untuk berbicara sesuka hatinya, mereka selalu hadir dihadapan audience dengan persiapan sesuai harapan.

Peran keynote speaker dalam sebuah pertemuan perusahaan adalah untuk memberikan sugesti positif agar audience lebih meyakini pencapaian target mereka. Dalam hal ini, akan ada proses untuk mengubah pikiran menjadi lebih berani, lebih yakin, lebih percaya diri, dan lebih merasa pasti untuk pencapaiannya.

Keynote speaker adalah sumber energi positif yang mampu menyampaikan pesan yang sangat berharga, untuk mempengaruhi audience agar menghadapi kenyataan dan harapan dengan optimis.

Dalam waktu yang singkat, keynote speaker harus mampu mendorong audience ke dalam kehidupan target atau tujuan, dan secara emosional memotivasi audience untuk bertindak menciptakan hasil seperti yang diinginkan.

Seorang keynote speaker harus mampu membuat audience bersikap layaknya Michelangelo, seorang seniman besar di sepanjang sejarah. Michelangelo sudah mampu melihat wujud mahakaryanya dari potongan balok marmer. Jadi, saat dia menatap sebuah balok marmer, dia sudah mampu melihat hasil akhirnya. Kemudian, dia akan fokus dengan sepenuh hati untuk mewujudkan hasil akhir tersebut menjadi mahakaryanya.

Bila materi keynote speaker dipahami dan disimak dengan rendah hati, maka peran keynote speaker dalam pertemuan perusahaan menjadi sangat berharga untuk kemajuan setiap audience. Tetapi, kadang-kadang, tidak semua orang di dalam kelas memiliki sikap mau belajar dengan rendah hati. Hal ini disebabkan oleh pikiran yang tidak terbuka untuk memahami ide-ide baru, atau juga diri belum siap untuk memahami rahasia-rahasia sukses. Dalam hal ini, keynote speaker harus mengalirkan kekuatan logika dan akal sehat agar audience dapat merenungkan dengan baik semua pesan yang disampaikan. Persoalannya, sering sekali rahasia hanya mampu diserap dan dipahami oleh diri yang tercerahkan. Namanya RAHASIA SUKSES, dia hanya mampu dipahami oleh orang-orang yang merasa dirinya belum banyak tahu, dan selalu antusias untuk mempelajari hal-hal baru.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com