RASA BAHAGIA DI TEMPAT KERJA MENGHASILKAN PRESTASI YANG LUAR BIASA

“Ketika diri sudah menemukan kebahagiaan di tempat kerja, maka tempat kerja akan menjadi tempat berlibur yang paling indah.” ~ Djajendra

Ketika sebagian besar waktu hidup harus dihabiskan di tempat kerja, maka kemampuan untuk menciptakan rasa bahagia di tempat kerja sudah menjadi keharusan. Bila sudah tidak peduli dengan kebahagiaan di tempat kerja, maka ketidakbahagiaan akan menjadi sahabat yang mematikan potensi sukses.

Kebahagiaan sangat ditentukan oleh aliran pikiran positif di dalam emosi yang cerdas. Aliran pikiran positif itu sendiri akan menghasilkan energi optimisme. Energi optimisme suka mendorong diri sendiri untuk mengambil tantangan yang lebih besar ataupun yang lebih berisiko. Dan juga, memacu diri sendiri untuk mau bekerja lebih keras dalam segala hal agar dapat meraih segala sesuatu dengan lebih baik.

Orang-orang yang bahagia di tempat kerja selalu hidupnya penuh dengan optimisme. Mereka akan memanfaatkan jam kerja dengan antusiasme dan gairah kerja yang lebih tinggi. Mereka akan fokus pada prioritas, jadwal, dan beban kerja; lalu dengan penuh semangat, dalam rasa senang, segera menyelesaikan pekerjaan dengan lebih berkualitas.

Rasa bahagia di tempat kerja akan menjadikan setiap pekerjaan lebih menarik untuk dikerjakan. Dalam hal ini, para karyawan yang merasa bahagia selalu akan fokus untuk menghasilkan sesuatu yang lebih berkualitas. Jadi, tidak ada mental kerja yang asal-asalan, mereka akan termotivasi untuk terlibat lebih dalam agar dapat menghasilkan kinerja terbaik.

Rasa bahagia di tempat kerja akan membuat karyawan menikmati setiap proses pekerjaan dengan sepenuh hati dan totalitas. Hal ini akan meningkatkan moral kerja dan juga meningkatkan kualitas kerja karyawan, sehingga perusahaan dengan mudah dapat menjalankan strategi dan taktik untuk peningkatan kinerja yang lebih tinggi.

Bahagia adalah sebuah energi positif yang akan membuat kemajuan besar untuk segala sesuatu di tempat kerja. Kesadaran manajemen dan kepemimpinan perusahaan untuk menghadirkan energi bahagia di dalam perusahaan, akan menjadikan perusahaan selalu unggul dan sukses meraih kinerja terbaik.

Kebahagiaan adalah akar kesejahteraan. Bila seseorang sudah merasa bahagia di tempat kerja, dia secara otomatis akan merasa sejahtera di semua dimensi kehidupannya. Seseorang yang sudah sejahtera akan mengekspresikan potensi dirinya yang lebih menakjubkan, sehingga benar-benar menjadi energi pendukung yang sangat membantu pencapaian reputasi, kredibilitas, dan prestasi perusahaan.

Kebahagiaan itu terjadi saat pikiran dan emosi bertemu dalam satu frekuensi dan mengalami keharmonisan. Kondisi keharmonisan pikiran dan emosi sangat mudah terganggu oleh sabotase energi negatif. Jadi, selama emosi sudah sangat cerdas untuk tidak membiarkan aliran energi negatif masuk ke dalam pikiran, maka selama itu kebahagiaan bisa tetap terjaga.

Perusahaan wajib menyiapkan budaya perusahaan yang berkonsentrasi penuh untuk menciptakan energi bahagia. Bila perusahaan sudah sepenuh hati dan totalitas dalam mewujudkan lingkungan kerja dengan kekuatan energi positif, maka para karyawan akan berkonsentrasi penuh untuk melakukan pekerjaannya dengan baik. Sikap perusahaan yang setengah hati akan menjadikan karyawan juga bekerja dengan setengah hati. Dampaknya, energi bahagia tidak akan pernah muncul untuk merangsang atau mempengaruhi perilaku kerja karyawan.

Tata kelola yang tegas, aturan-aturan perusahaan yang pasti dan jelas, akan menjadikan lingkungan kerja lebih dipercaya. Sebab, setiap orang tahu tentang keberadaan dirinya di tempat kerja, sehingga mereka juga tahu persis apa-apa yang harus mereka lakukan, termasuk bagaimana cara melakukannya.

Bila tata kelola dan budaya perusahaan merangsang penciptaan energi bahagia di dalam perusahaan, maka setiap orang akan tenggelam dalam pekerjaan dengan sepenuh hati, dan dengan senang hati. Hal ini juga akan meningkatkan rasa tanggung jawab untuk memberikan pelayanan dan kontribusi yang lebih maksimal kepada perusahaan.

Rasa bahagia di tempat kerja akan memotivasi para karyawan untuk menikmati proses kerja, termasuk menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan berkualitas.

Pertemuan aliran pikiran positif dan aliran emosi cerdas di dalam perilaku yang produktif, akan menghasilkan energi bahagia yang sangat meningkatkan semangat kerja. Dalam kondisi ini, apapun tantangannya, seberat apapun pekerjaan yang harus dilakukan, para karyawan dengan senang hati dan penuh motivasi akan melaksanakannya.

Ketika seseorang merasakan energi bahagia dari pekerjaannya, maka gunung pun dapat ia pindahkan, dan setiap momen di tempat kerja mampu ia manfaatkan untuk mengkontribusikan sesuatu yang lebih dari yang diharapkan darinya.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com