PENINGKATAN KUALITAS HIDUP

“Kualitas hidup tidak dihasilkan dari ambisi dan ego untuk menjadi lebih baik; tetapi, dari antusias dan disiplin untuk melakukan semua aspek kehidupan, tanpa bertentangan dengan nilai-nilai inti kehidupan pribadi.” ~ Djajendra

Kehidupan dalam kesejahteraan emosional, mental, kesehatan, dan keuangan yang tercukupi adalah harapan dari banyak orang. Kesehatan yang baik dan kemampuan untuk pemenuhan terhadap kebutuhan diri sendiri merupakan awal dari pola hidup berkualitas.

Siapkan perencanaan keuangan yang terkalkulasi risiko; siapkan sikap baik untuk terhubung dalam hubungan sosial yang positif; siapkan diri untuk tumbuh secara intelektual dan emosional dalam kualitas; dan kembangkan hubungan yang sehat dan berkualitas dengan keluarga dan orang-orang yang Anda cintai.

Luangkan waktu untuk terhubung dengan rencana kehidupan Anda. Pahami dan kuasai tentang hal-hal apa saja yang menjadi sangat penting bagi hidup Anda. Lalu, siapkan nilai-nilai kehidupan, sumber daya, semangat, disiplin, dan motivasi untuk mewujudkan yang Anda anggap sangat penting dalam hidup Anda.

Bersyukurlah dengan apa yang Anda punya saat ini. Jangan pernah mengeluh untuk semua hal yang belum terwujud atau pun yang belum memuaskan kehidupan Anda. Miliki sikap sabar dan selalu rajin untuk menginventarisasi semua potensi dan bakat diri Anda. Dan, pahami apa yang akan Anda lakukan dengan semua potensi hebat yang ada di dalam diri Anda.  

Kualitas hidup sangat tergantung dari kecerdasan untuk merencanakan hidup dengan visi, misi, tujuan, dan fokus yang konsisten dan terukur. Bila visi, misi, tujuan, dan fokus Anda terarah pada  arah yang Anda pahami; maka tidaklah sulit untuk menjangkau atau sampai pada visi kehidupan Anda.  Siapkan kompetensi dan kapasitas diri Anda dengan jujur dalam keunggulan integritas pribadi Anda, dan teruslah lakukan pengembangan terhadap semua potensi diri Anda. Jangan ragu untuk melakukan perbaikan atas diri Anda, khususnya terhadap potensi-potensi atau bakat-bakat yang belum optimal Anda manfaatkan.

Kualitas hidup tidak tergantung pada sebuah standar hidup, tetapi sangat tergantung kepada kecerdasan kreatif. Bila setiap hari Anda mau secara terus-menerus meningkatkan kualitas hidup dengan pola kehidupan yang kreatif, maka standar hidup Anda dari hari ke hari akan tersesuaikan dengan impian Anda untuk menikmati hidup.

Ketika Anda berkonsentrasi pada standar hidup tertentu, maka perubahan akan meninggalkan standar hidup tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa hidup Anda selalu bergerak dengan nilai tambah, dan tidak terkurangi standar hidup Anda oleh inflasi. Bila inflasi terus menerus mengejar penghasilan Anda, maka pada kondisi tertentu kualitas standar hidup Anda akan turun.

Bila penghasilan dan pola pengeluaran Anda kalah dengan inflasi, maka sekeras atau serajin apapun Anda bekerja, Anda pasti akan kehilangan kualitas hidup. Sebab, penghasilan dan pengeluaran merupakan bagian dari fondasi kualitas hidup. Semakin besar penghasilan dan semakin kecil pengeluaran, akan menjadi dasar yang baik untuk peningkatan kualitas hidup.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan