PENINGKATAN HARGA DIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI KARYAWAN

“Saat Kepemimpinan Mampu Dengan Tulus Memberikan Pengakuan Dan Perhatian Kepada Karyawan, Maka Saat Itu Karyawan Akan Memperlihatkan Perilaku Positif Yang Efektif Buat Kemajuan Peningkatan Kinerja Organisasi.” – Djajendra

Bila perusahaan ingin mendapatkan kontribusi maksimal dari para karyawan, maka para pemimpin di perusahaan harus memiliki kemampuan untuk mengelola dan meningkatkan harga diri, dan rasa percaya diri dari karyawan untuk menghasilkan hasil maksimal.

Bila karyawan sudah memiliki harga diri dan kepercayaan diri yang tinggi untuk membangun iklim kerja yang produktif, efektif, inovatif, fleksible, kreatif, positif, dan berkinerja; maka sebagian besar keberhasilan yang diinginkan oleh perusahaan pasti dapat diwujudkan oleh para karyawan terbaik.

Peningkatan harga diri dan kepercayaan diri karyawan sangat bergantung kepada kecerdasan kepemimpinan dalam memberikan pengakuan kepada karyawan dalam wujud terima kasih, pengembangan, insentif, perhatian, dan bantuan.

Sikap kepemimpinan yang tegas untuk memberikan perhatian dan pengakuan terhadap karyawan atas setiap kontribusi mereka secara adil dan terbuka, akan membuat karyawan bersatu hati dengan kepemimpinan di perusahaan, untuk menjalankan perilaku kerja berdasarkan nilai-nilai budaya organisasi secara sempurna.

Kejujuran, kejelasan, dan konsistensi kepemimpinan dalam mengelola motivasi karyawan adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan harga diri dan perasaan percaya diri karyawan. Kepemimpinan di perusahaan harus selalu  melihat bahwa setiap karyawan yang membuat kontribusi terbaik harus diberikan pengakuan dan penghargaan, agar motivasi dan gairah kerja melalui kepercayaan diri yang tinggi dapat terus ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

DJAJENDRA

About these ads