Mencari Ide-Ide Terbaru Untuk Menyegarkan Pelayanan Pelanggan Berkualitas

“Jangan Menghabiskan Begitu Banyak Waktu Untuk Memilih Peluang Yang Sempurna, Sehingga Anda Kehilangan Peluang Yang Tepat.” – Michael Dell

Jangan pernah membatasi imajinasi Anda untuk apa yang sudah Anda ketahui di dalam pelayanan berkualitas kepada pelanggan Anda. Anda harus selalu berinovasi untuk memberikan yang terbaik buat pelanggan Anda, jangan mengikuti apa yang orang lain berikan kepada pelanggannya, tapi jadilah lebih kreatif bersama imajinasi Anda yang luar biasa untuk melakukan pelayanan terbaik, dan meraih kesuksesan luar biasa dari pelayanan Anda yang hebat dan penuh kreatifitas tersebut.

Saya sangat suka untuk mengamati apa-apa saja yang ada dipermukaan bisnis, salah satunya di aspek pelayanan pelanggan. Dari pengamatan saya, sangat banyak perusahaan yang lebih suka mengikuti cara dan gaya perusahaan lain yang dianggap sukses dan luar biasa di dalam pelayanan pelanggan.  Sangat jarang ada perusahaan yang berani mencari pengalaman baru melalui ide-ide baru mereka sendiri di bidang pelayanan pelanggan yang berkualitas. Apakah memang sudah tidak ada ide atau memang lahan kreativitasnya yang sedang kering? Jawabannya mungkin bisa sangat beragam, apalagi pendapat saya ini hanya berdasarkan pengamatan saya secara indrawi, bukan dari hasil sebuah riset yang mendalam.

Pelanggan atau konsumen adalah tujuan akhir dari sebuah bisnis. Apa pun yang dikerjakan oleh sebuah unit bisnis, hasil akhirnya haruslah memuaskan harapan pelanggan, agar pelanggan terus-menerus mau datang kembali untuk membeli dengan ikhlas dan senang. Jika unit bisnis gagal memenuhi semua harapan dan kebutuhan pelanggan atau konsumennya, maka unit bisnis tersebut pasti akan gulung tikar. Sebab, tanpa ada pelanggan atau konsumen unit bisnis tidak akan memiliki pemasukan uang, sedangkan pengeluaran biaya sifatnya bisa setiap hari. Artinya, bila tidak ada pemasukan uang sama sekali dari pelanggan, maka secara otomatis unit bisnis tersebut pasti akan mati.

Memahami perilaku pelanggan adalah hal yang sangat penting, termasuk memahami potensi dan kemungkinan-kemungkinan baru untuk memberikan pelayanan pelanggan berkualitas juga akan sangat membantu kesuksesan bisnis Anda. Untuk itu, Anda harus dapat mengidentifikasi semua cara untuk melakukan interaksi dengan pelanggan Anda melalui produk, jasa atau layanan bisnis Anda. Miliki intuisi untuk melihat gambaran besar tentang pelanggan dan bisnis Anda, lalu lakukan identifikasi peluang yang ada untuk dimodifikasi melalui kreativitas dan inovasi yang bisa menjadi tren terbaru di dalam pelayanan berkualitas.

Bisnis yang baik harus memiliki kecerdasan untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui produk dan jasa yang terbaik.  Oleh karena itu, Anda wajib menemukan berbagai potensi terbaik untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan Anda, walaupun di hari ini kualitas pelayanan yang Anda berikan sudah sempurna. Tetapi, bila Anda lalai untuk mengikuti perubahan dan tren terbaru di bidang pelayanan pelanggan yang berkualitas, maka kesempurnaan pelayanan pelanggan yang ada di hari ini berpotensi menjadi tidak sempurna di masa depan,

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan