Ada 8 Tantangan Yang Harus Dihadapi Pemimpin

Dalam analisa saya, saya melihat ada delapan tantangan utama yang harus dihadapi oleh pemimpin puncak di hari ini.

Pertama, kemampuan untuk menjaga tingkat kesehatan perusahaan dalam wujud perusahaan yang kuat dan sehat.

Kedua, kemampuan membangun kepemimpinan yang harmonis disemua jenjang organisasi.

Ketiga, kemampuan membangun kekuatan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menjawab setiap perubahan.

Keempat, kemampuan membangun lingkungan sosial yang mendukung bisnis perusahaan.

Kelima, kemampuan untuk memahami potensi pasar secara mendalam.

Keenam, kemampuan untuk bekerja dengan teknologi dan informasi yang sesuai dengan tuntutan zaman.

Ketujuh, kemampuan untuk menciptakan efisiensi dan penghematan secara menyeluruh di dalam organisasi.

Kedelapan, kemampuan untuk membangun komunikasi internal-eksternal perusahaan yang tangguh.

Kedelapan tantangan ini wajib dijawab secara cerdas oleh para pemimpin puncak di hari ini. Dalam organisasi hari ini kesiapan pemimpin untuk menjadi penunjuk arah bagi kesuksesan organisasinya sudah tidak dapat dikompromikan lagi . Sikap peduli pemimpin pada semua tantangan yang muncul akan menjadi titik terang buat organisasi ke arah yang lebih jelas. Dan, selanjutnya para pemimpin harus mampu mendefinisikan semua rencana dan sasaran tertinggi dalam bahasa yang sederhana, agar dapat dimengerti dan dipahami oleh semua level dari sumber daya manusia yang ada di dalam struktur organisasi perusahaan.
Para pemimpin di hari ini wajib bekerja keras untuk menata kekuatan internal organisasi agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkarakter sesuai kebutuhan bisnis perusahaan, yang memiliki kualitas dan semangat kerja yang super tinggi, serta nilai, prinsip, dan keberanian untuk berkreatifitas dalam batasan tanggung jawab masing–masing secara profesional dan harmonis.
Para pemimpin di hari ini wajib untuk menjadi inspirator bagi semua kekuatan sumber daya manusia perusahaan, agar para pemimpin dapat mengelola dan memanfaatkan semua potensi sumber daya organisasinya secara efisien dan semaksimal mungkin. Kepemimpinan yang memahami kehebatan kekuatan internal perusahaannya, khususnya kekuatan sumber daya manusianya pasti akan mampu menciptakan kinerja dan prestasi yang hebat.
Seorang pemimpin di hari ini haruslah mampu menunjukkan sikap bijaksananya dalam pola hidup sederhana yang terfokus pada upaya untuk mengangkat moral, perilaku, dan semangat dari semua potensi kekuatan sumber daya manusianya.
Pemimpin harus mampu merancang strategi pengembangan sumber daya manusianya yang mencerminkan kekuatan mereka dalam merespons keragaman potensi pasar dan para pelanggan yang menjadi bagian tidak terpisahkan terkait keberadaan organisasi perusahaan di masa depan.
Para pemimpin wajib mendefinisikan misi dan visi dari masa depan perusahaan secara sederhana dan harus mudah dipahami oleh semua potensi kekuatan sumber daya manusia, termasuk para pelanggan. Kekuatan pemimpin dalam memompa motivasi dan semangat sumber daya manusianya dalam memahami misi perusahaan, akan memantapkan kedudukan perusahaan di masa kini dan di masa depan.
Para pemimpin wajib memberi arah kepada sumber daya manusianya untuk selalu mendengarkan pelanggan dan belajar untuk memberikan nilai lebih bagi kepuasan pelanggan.
Delapan tantangan pemimpin puncak akan menjadi dasar dalam membangun sebuah rencana strategi yang mencakup keunggulan kekuatan internal perusahaan. Tingkat kesehatan perusahaan akan menentukan kemampuan kepemimpinan dalam menjawab fundamental kekuatan perusahaan, kepemimpinan disemua jenjang juga merupakan sebuah kekuatan fundamental yang akan mengarahkan semua kepemimpinan dari level bawah sampai level puncak untuk selalu berada dalam satu persepsi dan visi, tenaga kerja berkualitas termasuk dalam kekuatan fundamental organisasi dalam menjawab kualitas produk dan kualitas layanan kelas satu, lingkungan sosial yang mendukung keberadaan sebuah organisasi dan kepemimpinannya akan menjadi kekuatan dalam menciptakan kepercayaan diri organisasi, potensi pasar yang dapat dikembangkan dan dijadikan sebagai basis langganan baru adalah harapan masa depan keberhasilan sebuah kepemimpinan, teknologi dan informasi wajib dimanfaatkan secara cerdas dan tepat sasaran dalam menjawab kebutuhan dan tuntutan para langganan, effisiensi dan penghematan menjadi kewajiban bagi kepemimpinan untuk menjaga dan merawat daya saing organisasinya, komunikasi internal dan eksternal merupakan sebuah jembatan yang wajib dibangun secara sempurna untuk menjawab semua kebutuhan kelangsungan organisasi. Kedelapan hal di atas, akan menjadi akar keberhasilan bila sejak awal menjadi fokus dan perhatian para pemimpin.
Para pemimpin memiliki kewajiban untuk membangun sumber daya manusia yang cerdas dengan semangat untuk menciptakan perusahaan yang sehat dan kuat dalam menghadapi persaingan global dan local yang semakin hari semakin ketat.
Kemampuan pemimpin tidak hanya terbatas pada meramal masa – masa menguntungkan, tetapi juga tentang masa-masa kekacauan yang mungkin muncul di hari esok. Keberhasilan akan terbentang luas bagi pemimpin yang mau memimpin dengan misi memberikan inspirasi dan motivasi kepada setiap karyawannya.
Para pemimpin harus membangun visi baru yang mempererat hubungan yang melintasi semua sektor yang ada di dalam perusahaannya. Niat baik dari para pemimpin untuk mau memberi semangat dan motivasi kepada semua karyawannya, pasti menciptakan gairah kerja yang super tinggi buat para karyawan dalam bekerja bersama prinsip kerja terbaik, visi, misi, dan siap menjadi mesin perusahaan yang andal.
Seorang pemimpin puncak wajib memiliki karakter yang menjaga perasaan setiap orang, serta mampu mendefinisikan tantangan yang dihadapi perusahaan secara sederhana. Kualitas pemimpin wajib dinyatakan melalui perilaku dan tindakan yang berkarakter membangun dan melindungi semua kekuatan sumber daya yang ada di dalam perusahaan, dan mengajarkan kepada sumber daya manusianya tentang bagaimana seharusnya bekerja dan melewati semua masa sulit dengan kemenangan.

Untuk seminar/training hubungi www.djajendra-motivator.com

Iklan