KONSEP DIRI

cropped-logo-djajendra-corporate-training.jpg

KONSEP DIRI

“Konsep diri yang menjadi karakter dan kepribadian Anda, akan mengantarkan diri Anda kepada semua tujuan hidup, yang Anda kerjakan dengan sepenuh hati.”~ Djajendra

Kehidupan yang ideal selalu ada dalam impian dan harapan setiap orang. Orang-orang optimis pasti mempersiapkan kehidupan yang ideal dengan upaya dan kerja cerdas. Orang-orang pesimis mungkin beranggapan kehidupan yang ideal adalah sebuah obsesi yang sulit untuk diwujudkan. Orang-orang optimis selalu bertindak dan konsisten dengan konsep diri yang jelas dalam gambaran ideal. Orang-orang pesimis menjalani hidup dengan perilaku dan kebiasaan sehari-hari bersama perasaan tidak berdaya atas keadaan mereka, serta suka melemparkan ketidakmampuan diri mereka kepada orang lain dengan berbagai pembenaran dan alasan.

Setiap orang pastilah berkeinginan hidupnya penuh dengan makna dalam harapan, dan semua ini dapat diwujudkan kalau diri dibangun dengan konsep diri yang jelas. Konsep diri berfungsi untuk mempertegas keberadaan diri dalam kehidupan yang diinginkan. Dengan memahami diri sendiri dan bertanggung jawab atas konsep diri, maka diri dapat mengendalikan perjalanan hidupnya sesuai dengan keinginan.

Memiliki arah kehidupan yang jelas adalah modal terpenting untuk menekuni kehidupan yang diinginkan. Konsep diri akan memperjelas arah atau jalan kehidupan yang diinginkan. Ketika seseorang dengan tegas memutuskan arah kehidupannya, dan melengkapinya dengan disiplin dan komitmen diri yang konsisten, maka dirinya berpotensi tumbuh dan berkembang bersama jalan kehidupan pilihannya. Dalam perjalanan, konsep diri seseorang secara bertahap akan membentuk karakter dan kepribadian dirinya sesuai dengan keinginannya.

Konsep diri haruslah dikembangkan dari kesadaran diri sendiri, dengan memahami realitas, serta dengan memahami potensi dan sumber daya yang melekat bersama kepribadian diri. Saat diri sadar untuk mengembangkan dan tumbuh bersama diri yang ideal sesuai dengan impian dan harapan, saat itu kualitas untuk mewujudkan cita-cita dan harapan akan semakin menguat bersama kompetensi diri.

Konsep diri harus diarahkan untuk mencapai keunggulan diri bersama hasil yang diinginkan. Apapun hasil yang diinginkan haruslah diperjuangkan untuk mencapai keunggulan. Misal, hasil yang diinginkan adalah menjadi bahagia, sehat, sejahtera, damai, sabar, tenang, berani, tekun, disiplin, kaya raya, jujur, beretika, cerdas, berguna buat kehidupan banyak orang, dan sifat-sifat positif lainnya. Konsep diri yang direncanakan untuk membentuk diri yang ideal dalam nilai-nilai positif, pasti mencapai impian dan harapan dengan kualitas diri yang unggul, serta menjadikan diri sebagai energi pembawa pengaruh baik buat kehidupan orang lain.

Miliki impian yang jelas dalam gairah dan disiplin kehidupan. Impian dan keinginan yang sangat jelas akan membuat diri mudah memahami dan mengerjakannya. Diperlukan kerja cerdas dan gairah untuk mengoptimalkan semua sumber daya, energi, dan potensi untuk mewujudkan yang diinginkan. Saat impian dan keinginan sudah berada dalam gairah konsep diri, maka kehidupan diri pun akan bergerak sesuai dengan impian dan harapan. Jadilah pribadi yang selalu cerdas menyadarkan diri untuk memahami realitas, lalu menyiapkan strategi dan taktik jitu, untuk memenangkan impian bersama perilaku dan kebiasaan hidup yang konsisten dan terencana.

Masa depan seseorang tidak terbatas oleh apa yang dia inginkan dan impikan di hari ini. Masa depan seseorang akan terus berkembang dan tumbuh bersama perubahan oleh dorongan berbagai tantangan hidup. Semakin seseorang menyiapkan diri untuk mengikuti perubahan, dan tidak ngotot dengan ide-ide lama yang mungkin sudah tidak sesuai dengan realitas, maka dirinya akan mencapai sebuah realitas baru yang mungkin sebelumnya tidak dia pikirkan. Hidup adalah akumulasi dan sebab-akibat dari tindakan dan perilaku sehari-hari. Oleh karena itu, pastikan setiap hari diri bertindak dengan wawasan dan pikiran terbuka, untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi diri, agar diri selalu dapat memenangkan hidup sesuai keinginan dan harapan.

Konsep diri dibentuk untuk memudahkan diri melakukan semua yang diinginkan, serta memudahkan diri untuk menyusuri perjalanan hidup yang diinginkan, dengan penuh percaya diri dalam arah yang pasti dan jelas. Apapun yang muncul dalam imajinasi dan dianggap ideal untuk kehidupan diri, maka hal itu dapat diwujudkan dengan membuat rencana tindakan yang jelas dalam prioritas. Ciptakan kehidupan sesuai dengan yang diinginkan melalui konsep diri yang telah direncanakan dengan rinci. Jadilah pribadi yang terus-menerus melalukan perbaikan dari dalam diri untuk memunculkkan diri yang unggul. Miliki keyakinan bahwa tidak ada batas untuk meraih semua yang diinginkan, dan batas itu hanya ada dalam keberanian mental dan emosi.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

About these ads