MOTIVASI KERJA MEMERLUKAN KUALITAS KONSENTRASI DIRI YANG TERFOKUS TANPA GANGGUAN

“Konsentrasi Kerja Adalah Inti Dari Motivasi Kerja.” – Djajendra

Ketika saya sedang memberikan pelatihan membangun motivasi kerja, seorang peserta bertanya, “motivasi kerjaku sangat tinggi, tapi selalu dirusak oleh ketidakmampuan diriku untuk berkonsentrasi penuh pada pekerjaan. Apa yang harus aku lakukan?”

Kualitas konsentrasi sangat penting untuk membuat semangat kerja bisa fokus pada satu tugas. Bila seorang karyawan tidak mampu berkonsentrasi penuh pada pekerjaannya, maka semangat kerja yang dia miliki akan menjadi sia-sia, karena tidak akan mampu menghasilkan efektivitas dan produktivitas kerja seperti yang diharapkan oleh perusahaan.

Mungkin saja karyawan sudah diberikan pencerahan dan motivasi secara terus-menerus, agar mereka dapat bekerja dan berkontribusi secara lebih efektif dan produktif. Dan, walau mereka sudah memiliki motivasi, tekad, dan niat baik untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal yang ditetapkan. Tapi, bila mereka tidak bisa berkonsentrasi penuh, maka mereka akan menjadi frustasi dan berpotensi merusak kinerja yang diharapkan.

Apalagi, bila konsentrasi mereka terus-menerus diinterupsi, maka mereka tidak akan mampu meningkatkan fokus untuk menghasilkan sebuah kualitas seperti yang direncanakan.

Kualitas konsentrasi harus dikelola melalui manajemen diri yang baik. Untuk itu, diperlukan kesadaran diri yang tinggi, agar diri mau mengelola tubuh, pikiran, dan perasaan, untuk tidak terganggu oleh hal-hal yang berpotensi merusak konsentrasi kerja.

Oleh karena itu, mulailah kehidupan setiap hari dengan berlatih untuk meningkatkan kualitas konsentrasi diri.

Selanjutnya, pastikan semua infrastruktur dan perlengkapan di lingkungan tempat kerja telah tertata dengan baik untuk membantu konsentrasi kerja.

Pastikan Anda merasa lingkungan kerja telah memberikan energi positif  untuk membantu meningkatkan konsentrasi kerja.

Pastikan tata kelola manajemen di perusahaan telah menutup semua sumber gangguan yang berpotensi mengganggu konsentrasi kerja karyawan.

Pastikan setiap pagi, Anda sudah sarapan dengan nutrisi yang seimbang, serta berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh dan pikiran Anda.

Pastikan Anda rajin minum air putih, dan tidak minum minuman beralkohol.

Pastikan Anda cerdas mengusir rasa khawatir dari kehidupan Anda.

Pastikan Anda secara terencana dan rutin melakukan latihan pikiran dan perasaan untuk fokus, dan  mengalihkan semua gangguan untuk dikeluarkan dari diri Anda.

Pastikan Anda selalu bekerja melalui manajemen waktu untuk prioritas kerja dengan penuh disiplin.

Pastikan Anda beristirahat sejenak sekitar lima menit di setiap dua jam kerja, lalu menarik nafas dalam-dalam, dan mengeluarkan nafas secara perlahan-lahan, sambil mengosongkan pikiran dari semua energi negatif.

Berlatihlah secara terus –menerus, setiap hari, untuk membiasakan mindset Anda mampu berkonsentrasi penuh, tanpa terganggu oleh gangguan apa pun.

DJAJENDRA

About these ads