PELATIHAN EXCELLENT SERVICE MOTIVATION UNTUK RUMAH SAKIT Program 2 Hari

PELATIHAN EXCELLENT SERVICE MOTIVATION UNTUK RUMAH SAKIT

Program 2 Hari – 16 Jam

Program  Pelatihan Excellent Service Motivation  dengan judul Meningkatkan Kualitas Pelayanan,  terfokus untuk memotivasi para peserta  frontline Rumah Sakit kepada empat hal besar.

1. Memotivasi para peserta untuk membangun, memiliki dan merawat karakter diri yang selalu bisa melayani pekerjaan dan tanggung jawab secara berkualitas sesuai misi, visi, standar dan etika Rumah Sakit. Termasuk, memperhatikan dan melayani dengan sepenuh hati semua kebutuhan pasien dan keluarga pasien secara berkualitas melalui standar pelayanan terbaik. Motivator akan memberikan motivasi dan pencerahan melalui aspek-aspek yang bersifat normatif, tips, dan tools kepada peserta agar mampu memperlakukan setiap pasien dan keluarga pasien sebagai orang-orang terpenting, dan mampu meningkatkan motivasi diri bersama keunggulan diri untuk memberikan pelayanan berkualitas dalam standar pelayanan terbaik. Motivator akan membangun nilai-nilai dalam pelatihan agar para peserta mampu memperlihatkan karakter pelayanan yang menomor satukan pasien, karakter pelayanan yang mampu secara cepat memberikan solusi terbaik kepada pasien dan keluarga, karakter pelayanan yang mampu membuat pasien dan keluarga merasa bahagia dan senang berhubungan dengan Rumah Sakit.

2. Memotivasi para peserta untuk meningkatkan kualitas layanan di internal dan eksternal Rumah Sakit dengan sikap baik yang profesional. Peserta akan diberikan pencerahan tentang kekuatan sikap baik untuk kebahagiaan diri sendiri dan orang lain. Peserta akan diberikan tips dan tools untuk  bisa meningkatkan sikap baik terhadap setiap orang. Peserta akan diberikan tips dan tools untuk bisa meningkatkan sikap profesionalisme di frontline Rumah Sakit. Termasuk, mampu meningkatkan hubungan positif dengan semua pihak terkait di internal Rumah Sakit, serta pasien dan keluarga pasien. Mampu secara cepat, efektif, dan produktif  dalam melakukan penanganan atas pengaduan pihak pasien atau stakeholder lainnya. Mampu mengembangkan keterampilan berkomunikasi secara efektif dan  beretika. Mampu memiliki daya tahan diri yang kuat di saat harus berurusan dengan persoalan-persoalan yang bernilai stres pada pekerjaan.

3.  Memotivasi para peserta untuk bekerja, bersikap, bertindak atas dasar etika dan nilai-nilai moral baik. Etika adalah hal yang harus keluar dari hati nurani dan harus mampu melihat secara jujur dalam integritas diri yang tinggi terhadap kebutuhan kesehatan dan kemanusiaan dari pasien dan keluarga pasien. Setiap organisasi wajib memiliki panduan etika kerja, panduan etika bisnis, dan kode etik perilaku. Dimana, panduan dan kode etik perilaku tersebut akan menjadi tools untuk  mengawasi etika pelayanan sempurna agar bisa tetap berkualitas prima. Dalam bagian ini, motivator akan memberikan nilai-nilai etika yang bisa memuaskan pasien, keluarga pasien, dan semua pihak terkait lainnya. Termasuk, nilai-nilai etika yang diperlukan untuk menunjang service excellence, nilai-nilai etika yang diperlukan dalam melayani stakeholder melalui telepon, dan nilai-nilai etika yang diperlukan dalam menghadapi komplain dan marah stakeholder.

4. Memberikan motivasi dan pencerahan kepada peserta untuk memanfaatkan kecerdasan emosional diri sebagai dasar dalam memberikan pelayanan berkualitas. Peserta akan diberikan pengetahuan dan wawasan tentang manfaat dari kecerdasan emosional terhadap setiap hal yang terkait dengan stakeholder. Melalui kecerdasan emosional yang berkualitas, kepribadian peserta akan mendatangkan kesuksesan dan kedamaian untuk semua pihak terkait. Motivator akan memberikan  tools dan tips agar peserta bisa memberikan hubungan, komunikasi, penanganan, layanan keunggulan, dan layanan sikap melalui kecerdasan emosional dalam integritas yang tinggi.

Agar pelatihan yang diberikan ini bisa bermanfaat dan mampu melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, diperlukan dukungan yang solid minimal dari fungsi dan alat-alat berikut:

1. Kepemimpinan.

Fungsi dan peran kepemimpinan yang tegas dan yang memiliki wewenang untuk melakukan perubahan sesuai komitmen, visi, misi, nilai, dan tugas. Kepemimpinan yang kuat dalam kedisiplinan etika dan integritas yang tinggi merupakan sebuah tool (alat) yang sangat menentukan terwujudnya pelayanan berkualitas.

2. Total Quality Management Dan Total Quality Service.

TQM dan TQS merupakan tools yang harus bisa berfungsi dan berperan maksimal untuk menjalankan standar, proses, praktik, dan etika pelayanan secara berkualitas dalam disiplin dan integritas tinggi. Setiap fungsi dan peran manajemen rumah sakit harus mampu memperlihatkan kualitas kerja yang bisa diukur secara kualitatif dan kuantitatif agar dapat dilakukan peningkatan dan pengawasan mutu pelayanan secara berkualitas.

3. Good Governance, Panduan Etika Bisnis,  Dan Code Of Conduct.

Praktik organisasi yang sehat dan berkualitas dalam panduan dan pengawasan etika yang berkualitas akan menjadi tools (alat) yang efektif untuk membangun reputasi organisasi dan moral kerja yang positif dan berintegritas. Pelaksanaan praktik good governance, etika bisnis, dan code of conduct secara jujur dan tegas akan mendorong moral kerja frontliner untuk membangun reputasi dan kredibilitas organisasi dari aspek pelayanan berkualitas.

4. Sumber Daya Manusia.

Kemauan dan kemampuan organisasi untuk secara rutin meningkatkan skill, reputasi,  strategi pelayanan, kompetensi, dan kemampuan sumber daya manusia untuk menjadi pribadi-pribadi yang fokus kepada pasien dan keluarga; serta kemampuan untuk membangun mindset sumber daya manusia yang berorientasi kepada pelayanan berkualitas, akan menjadi tool (alat) penentu dalam pelayanan berkualitas.

Metode Pelatihan.

Presentasi, tanya-jawab, studi kasus, brainstorming, games, diskusi, role play, perenungan, icebreaker, pemutaran filem pendek tentang pelayanan.

Untuk pelatihan hubungi:

www.djajendra-motivator.com

Phone: 021 32849777 –  021 32168111

Mobile phone :  08128777083 – 081399256111

Fax      : 021- 57 992 842

Email: training@djajendra-motivator.com

About these ads