TIGA KUALITAS KECERDASAN DASAR KEPEMIMPINAN

“Pemimpin Yang Cerdas Secara Intelektual, Emosional, Dan Spiritual Akan Menjadi Kekuatan Baik Untuk Semua Kehidupan.” – Djajendra

Kualitas seorang pemimpin dimulai dari fondasi yang paling dasar, yaitu kualitas intelektual. Seorang pemimpin wajib mempersiapkan dirinya dengan pengetahuan,  pemahaman, aplikasi, analisis, perencanaan, dan keberanian untuk bertindak terhadap semua kewajibannya.

Pemimpin tidak hanya harus memperlihatkan gaya dan penampilan fisik yang luar biasa, tapi dia juga harus mengisi dirinya dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan untuk membuat dirinya mampu bekerja dengan cerdas dan tegas.

Setelah kualitas kecerdasan intelektual sudah dikuasai dengan baik, pemimpin harus mempersiapkan dirinya dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional sangat diperlukan untuk membangun kerjasama yang harmonis dalam organisasi, termasuk untuk meningkatkan kualitas sikap baik kepemimpinan di semua aspek kerja organisasi. Untuk itu semua, pemimpin perlu memiliki kesadaran diri yang kuat dan yang penuh empati terhadap orang lain dan lingkungan organisasi.

Pemimpin harus memiliki emosional untuk bertindak berdasarkan nilai-nilai positif. Pemimpin harus membangun hubungan manajemen yang saling menguntungkan dan yang saling berkontribusi. Pemimpin harus memiliki kesejahteraan emosional dan kesejahteraan fisik dalam kondisi dan situasi apapun. Pemimpin harus memiliki optimisme terhadap semua tugas dan tanggung jawab. Pemimpin harus memiliki keterampilan untuk mengatasi semua gejolak emosi berdasarkan pengalaman yang ada dan selalu memiliki kreatifitas untuk memperbaiki keadaan.

Selanjutnya, pemimpin wajib meningkatkan kualitas kecerdasan spiritual untuk memperkuat daya tahan diri dalam menghadapi berbagai kemungkinan dan ketidakpastian dalam kehidupan.

Kecerdasan spiritual diperlukan untuk melakukan evaluasi atas kejujuran dan integritas diri sendiri terhadap kehidupan. Kecerdasan spiritual diperlukan untuk mengembangkan ide-ide kepemimpinan dalam tanggung jawab buat keselamatan semua pihak. Kecerdasan spiritual diperlukan untuk melakukan  penilaian atas semua keadaan melalui wawasan dan kreatifitas yang terfokus kepada sumber kebaikan. Kecerdasan spiritual diperlukan untuk melakukan pemecahan masalah melalui intuisi dan logika berpikir yang fokus pada kebenaran. Kecerdasan spiritual diperlukan untuk menjalankan  inspirasi, visi, komitmen dan motivasi melalui ketahanan diri yang solid dalam kepercayaan diri yang menikmati semua aliran proses kerja dengan bahagia.

Untuk training hubungi www.djajendra-motivator.com

About these ads