Pelayanan Prima Melalui Komunikasi Yang Cerdas

“Saat Anda Mampu Berkomunikasi Secara Bijak, Saat Anda Mampu Memberi Pelayanan Prima Secara Cerdik, Maka Sejak Detik Itu Anda Akan Menjadi Bintang Yang Bersinar Terang Bersama Organisasi Anda, Dan Anda Akan Menjadi Pengalaman Yang Menyenangkan Di Hati Dan Pikiran Pelanggan Anda.”-Djajendra

Ada dua hal terpenting saat Anda melayani pelanggan, yaitu komunikasi dan pelayanan prima.  Komunikasi yang bijak adalah seperti darah bagi sistem pelayanan organisasi, sedangkan pelayanan prima yang berkualitas adalah seperti zat-zat terpenting untuk kesehatan sistem organisasi. Jadi, jika tidak ada komunikasi maka tidak ada pelayanan prima, dan jika tidak ada pelayanan prima maka bisnis dan organisasi akan terseok-seok dalam ketidakpastian.

Pelayanan prima adalah hubungan berkualitas dalam bisnis , dan komunikasi menjadi sangat penting dalam membuat hubungan bisnis menjadi lebih sempurna.

Komunikasi dalam sikap profesionalisme akan mendorong setiap pribadi untuk proaktif melakukan pelayanan prima yang berkualitas terbaik.

Sebuah hubungan bisnis yang kuat harus mau memahami dua persepsi secara bijak, yaitu persepsi perusahaan dan persepsi konsumen. Perusahaan dengan tanggung jawab total dalam pelayanan berkualitas prima, akan selalu melibatkan konsumen untuk meraih sukses tanpa batas. Sedangkan perusahaan tanpa visi pelayanan yang jelas, akan bingung memahami kedua persepsi tersebut secara bijak, sehingga tanggung jawabnya untuk pelayanan berkualitas prima menjadi kabur dan tidak fokus.

Anda yang mewakili perusahaan haruslah selalu bijak untuk bersikap baik kepada semua pelanggan. Anda harus mau dan mampu berkomunikasi dengan kekuatan total dari sikap baik Anda. Tanpa pelanggan, Anda adalah pengangguran, tanpa pelanggan Anda sulit untuk menjalankan bisnis dengan wajar, tanpa pelanggan Anda tidak akan mampu memenuhi kebutuhan hidup perusahaan Anda. Jadi, berkomunikasilah dengan sikap baik kepada setiap pelanggan; dengar suara keluh kesah pelanggan, dan berikan solusi terbaik; jelaskan semua pelayanan Anda untuk memudahkan pelanggan menerimanya; berbicaralah secara persuasif untuk membantu semua kebutuhan pelanggan, tanpa menyakiti perasaan mereka; pastikan Anda adalah pribadi berintegritas yang baik hati, serta santun dalam bertutur kata.

Bangunlah fondasi kokoh bersama tiang-tiang pelayanan yang kuat dan tangguh. Pastikan Anda memiliki hubungan komunikasi yang akrab dalam bingkai kekuatan sikap baik, agar para pelanggan menyukai pelayanan prima Anda.

Pelanggan adalah bagian utama dari kisah perjalanan sukses Anda.  Pastikan untuk selalu meningkatkan kemampuan komunikasi dengan pelanggan.

Kemampuan komunikasi yang baik adalah sikap mendengarkan, berbicara, membaca, menulis, presentasi, meminta maaf atas kesalahan, memberi penjelasan atas kekurangan, dan menanggapi semua komplain secara bijak yang pro pelanggan.

Artikel ini karya djajendra

About these ads