Bagaimana Cara Agar Karyawan Mau Bekerja Dengan Jujur Dan Sepenuh Hati?

”Sikap Profesionalisme Para Karyawan Di Perusahaan Sangat Tergantung Kepada Budaya Perusahaan. Semakin Kuat Budaya Perusahaan Mengendalikan Semua Aktifitas Karyawan, Semakin Profesional Para Karyawan Bekerja.” – Djajendra

Yth Bapak Djajendra,

Salam sukses bapak! Nama saya Dillan, sudah 3 tahun ini saya menekuni sebuah usaha kecil dari rumah. Saya mau bertanya, bagaimana caranya agar karyawan mau bekerja dengan jujur dan sepenuh hati? Apa saja yang harus kami lakukan untuk meningkatkan kualitas karyawan? Mohon saran dan pencerahaannya pak. Terima kasih. Dillan, Cempaka Putih, Jakarta.

Djajendra Menjawab.

Dear Dillan,

Perusahaan yang baik pastinya akan menyiapkan peraturan kerja, SOP, peraturan karyawan, etika kerja, rencana kerja, dan tata tertib kerja perusahaan. Di mana, semua hal di atas itu harus dilebur ke dalam sebuah budaya perusahaan yang kuat.

Dari budaya perusahaan yang kuat ini, perusahaan tinggal membentuk karakter kerja karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Bila karakter kerja karyawan sudah terbentuk, maka perusahaan akan sangat mudah untuk menjalankan sebuah etos kerja yang sesuai dengan core value perusahaan.

Bila perusahaan sudah mampu menjalankan etos kerja yang sesuai dengan core value perusahaan, maka secara otomatis para karyawan akan bekerja dengan lebih jujur dan lebih sepenuh hati. Sebab, semua perilaku kerja karyawan akan terawasi secara otomatis melalui etos kerja, yang juga merupakan nilai-nilai luhur dari budaya perusahaan buat mengoperasionalkan perusahaan secara profesional.

Untuk meningkatkan kualitas karyawan, perusahaan harus secara terus-menerus melakukan pelatihan dan pengembangan mutu karyawan di semua fungsi dan peran kerja mereka. Jadi, perusahaan tidak boleh berhenti untuk mendidik para karyawan, agar para karyawan bisa bekerja sesuai harapan perusahaan. Beri karyawan Anda kejelasan dan kesederhanaan di semua aspek kerja perusahaan, agar karyawan Anda mampu mengikuti visi dan misi perusahaan secara baik. Sekian dulu ya, Dillan. Have a great day!

 

About these ads