Kepribadian Dan Sikap Mental Kartini Waktu Itu Dan Keterkaitannya Dengan “Kartini-Kartini” Sekarang.

”Kartini Masa Lalu Telah Sukses Menanam Benih Mind Set Positif Kepada Kultur, Lingkungan, Dan Sistem Keyakinan, Untuk Menghormati Dan Menghargai Peran Wanita Di Segala Aspek Kehidupan.” – Djajendra

Yth, Bp Djajendra

Terima kasih Pak, setiap tulisan bapak menambah wawasan dan motivasi saya, banyak inspirasi dan pengetahuan saya dapatkan. Saya ingin sehubungan dengan 21 April – Hari Kartini. Bagaimana kepribadian dan sikap mental Kartini dalam menghadapi emansipasi pd jaman Kartini waktu itu? dan bagaimana keterkaitannya dengan “Kartini-kartini” sekarang? Terima Kasih.

Salam,

Ruth Vivi Suryana

Djajendra Menjawab!

Yth. Ibu Ruth vivi Suryana,

Kartini masa lalu adalah Kartini yang berjuang merubah mind set dari sistem kehidupan, pola pikir, tradisi, budaya, dan lingkungan, yang membatasi peran wanita dalam berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Mind set kehidupan masyarakat pada zaman Kartini masa lalu tidak mendorong semangat para wanita untuk mengembangkan potensi diri mereka secara optimal, tapi membatasi potensi para wanita sebatas ruang lingkup rumah tangga.

Raden Ajeng Kartini, yang lahir pada 21 April 1879, di Jepara, Jawa Tengah, merupakan sebuah pribadi yang menjadi simbol kekuatan perjuangan emansipasi wanita di segala zaman. Sebuah perjuangan untuk memotivasi para wanita untuk bangkit mengembangkan kekuatan potensi diri mereka secara total, tanpa mau lagi direndahkan oleh kultur, lingkungan, dan sistem keyakinan.

Kita semua di zaman sekarang harus menunduk hormat kepada mind set positif dan sikap kemanusiaan yang begitu mulia dari seorang pejuang emansipasi wanita yang bernama Kartini. Kartini masa lalu telah mampu membangun mind set positif kepada kultur, lingkungan, dan sistem keyakinan, untuk menghormati dan menghargai peran wanita di segala aspek kehidupan. Dan hasilnya, di hari ini para Kartini-Kartini sekarang telah diakui oleh kultur, lingkungan, dan sistem keyakinan, untuk mengembangkan potensi diri secara maksimal.

Sekarang ini semuanya tergantung kepada pribadi Kartini-Kartini hari ini untuk mau berjuang total dalam upaya mengembangkan potensi diri sesuai mimpi dan harapan masing-masing. Percayalah bahwa tidak ada mimpi dan harapan yang tidak mungkin diraih oleh para Kartini zaman sekarang, asal mau berjuang total untuk melalui sebuah proses hidup dengan rasa sabar, senang dan bahagia.

Perjuangan para Kartini sekarang ini adalah berpikir positif dan berjuang total, untuk menjadi pribadi-pribadi berkarakter positif yang tangguh dan konsisten dalam menghadapi setiap tantangan hidup.

Sekian dulu, ya, Ruth vivi Suryana. Selamat Hari Kartini, semoga semangat juang para Kartini di zaman ini tidak tergoncangkan oleh badai kehidupan seperti apa pun. Thanks, have a great Kartini Day!


About these ads